Pages

Senin, 14 Desember 2015

TEKNOLOGI SEBAGAI PEREKONOMIAN MODERN DALAM BERWIRAUSAHA



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sesungguhnya teknologi itu tak akan lepas dari kehidupan manusia dengan beraneka ragam bentuknya mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. 
Berbicara tentang kehidupan manusia, tentunya tak akan lepas dari kata kebutuhan. Baik itu kebutuhan yang bersifat jasmani / badaniah maupun kebutuhan yang bersifat ruhaniah. Semua kebutuhan itu perlu untuk diusahakan oleh sang empunya. Usaha ini pula erat kaitannya dengan pemenuhan di sektor perekonomian. Tak akan mungkin seseorang dapat bertahan hidup tanpa pemenuhan akan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Salah satu cara dengan mengembangkan potensi dan ladang perekonomian yang ada.
Perekonomian modern berpusat pada meledaknya daya prodktivitas yang tidak dapat diprediksi guna pemenuhan kebutuhan individu maupun khalayak umum. Masing-masing dari pelaku ekonomi selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan tujuan yang ditargetkan. Jika bicara melalui sudut pandang seorang wirausahawan, merupakan pelaku / orang yang secara aktif dan sadar melakukan kegiatan perekonomian. Berperan baik sebagai produsen, distributor ataupu konsumtor yang  memutar roda perekonomian agar tetap berjalan stabil sesuai dengan porsinya.
Perubahan teknologi yang selalu dinamis mengikuti perkembangan jaman sangat dibutuhkan di sektor perekonomian ini. Terlihat di awal perkembangannya, dengan ditemukannya alat hitung bernama kalkulator. Kini menjelang abad 21, teknologi menjelma menjadi suatu alat dan kondisi yang sangat memungkinkan manusia berhubungan satu sama lain tanpa harus saling bertemu, melakukan transaksi jual beli tanpa harus bersusah payah menghabiskan waktu dan tenaga di pasar misalnya. Teknologi di abad modern ini menjelma membentuk dunia baru, dunia ketiga yang disebut dengan internet.
Praktis pemikiran dari penulis, pemanfaatan media internet yang optimal akan sangat menunjang sektor perekonomian di dunia ini. Banyak situs yang dapat dimanfaatkan oleh wirausahawan utuk menawarkan produknya, melakukan transaksi ataupu bertukar ilmu dan informasi sesama wirausahawan.
Namun perlu menjadi koreksi yang jeli oleh setiap wirausahwan yang berkecimpung melalui media ini, selain diberi kemudahan yang luar biasa oleh internet terdapat pula tantangan-tantangan yang tak terduga oleh wirausahawan yang tentunya harus siap menghadapi semua keadaan itu.
      Kuncinya tetap percaya akan bisnis yang ditekuni dan tak akan mudah putus asa meskipun mengalami banyak kesulitan. Manusia diberi akal dan pikiran untuk berkembang, maka sudah sepantasnya menyambut perekonomian di era modernisasi ini dengan rasa bijaksana dalam diri masing-masing pelaku ekonomi atau wirausahawan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

nice artikel,,,,

Unknown mengatakan...

Pemuda itu bagaikan benih yg siap disebar ke lahan dan dijaga untuk tumbuh dan menghasilkan ya?

Posting Komentar