Perkembangan
merupakan suatu proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosial psikologi
manusia pada posisi yang harmonis dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas
dan kompleks. Menurut Havighurst setiap individu pasti menempuh tugas perkembangan.
Seperti
contoh pada jenjang kehidupan remaja adalah posisi yang cukup kompleks dimana
dia telah menyelesaikan tugas-tugas perkembangan seperti mengatasi sifat
tergantung pada orang lain, memahami norma pergaulan dengan sebaya, menghadapi
masalah-masalah, bertindak dan bertanggungjawab sendiri,dan lain-lain. Secara
sadar ada upaya untuk berperilaku dewasa sehingga tidak dijuluki sebagai
anak-anak. Oleh karena itu tugas perkembangan pada masa remaja ini dipusatkan pada
upaya untuk menanggulangi sikap dan pola perilaku kekanak-kanakan. Tugas-tugas
perkembangan tersebut oleh Havighurst dikaitkan dengan fungsi belajar karena
pada hakikatnya perkembangan kehidupan manusia dipandang sebagai upaya
mempelajari norma kehidupan dan budaya masyarakat agar mampu menyesuaikan diri.
10 jenis tugas perkembangan remaja yaitu :
1. Mencapai
hubungan dengan teman lawan jenisnya secara lebih memuaskan dan matang.
2. Mencapai
perasaan seks dewasa yang diterima secara sosial.
3. Menerima
keadaan badannya dan menggunakannya secara efektif
4. Mencapai
kebebasan emosional dari orang dewasa
5. Mencapai
kebebasan ekonomi
6. Memilih
dan menyiapkan suatu pekerjaan
7. Menyiapkan
perkawinan dan kehidupan berkeluarga
8. Mengembangkan
ketrampilan dan konsep intelektual yang perlu bagi WN yang kompeten
9. Menginginkan
dan mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial
10. Menggapai
suatu perangkat nilai yang digunakan sebagai pedoman tingkah laku.
A. HUKUM-HUKUM
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
1. Hukum
Cephalocoudal
Berlaku pada
pertumbuhan fisik yang menyatakan bahwa pertumbuhan fisik dimulai dari kepala
ke arah kaki.Bagian-bagian pada kepala tumbuh lebih dahulu daripada
bagian-bagian lain.
2. Hukum
Proximodistal
Berlaku pada
pertumbuhan fisik yang menyatakan bahwa pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu
dan mengarah ke tepi. Jantung, hati, dan alat-alat pencernaan lebih dahulu
berfungsi daripada anggota tubuh yang ada di tepi.Hal ini karena alat-alat
tubuh pada bagian pusat lebih vital daripada bagian tangan atau kaki.
3. Perkembangan
Terjadi Dari Umum Ke Khusus
·
Anak lebih
dahulu mampu bertepuk tangan daripada menggerakan jari-jari tangannya
·
Anak mengenal
binatang mendahului kemampuannya untuk membedakan mana yang tergolong anjing,
kucing, ayam.
·
Anak menagis
bila mengalami hal-hal yang tidak enak sedikit demi sedikit akan membedakan
rangsangan tertentu dengan reaksi yang berlainan.
4. Perkembangan
Berlangsung Dalam Tahapan-Tahapan Perkembangan
Pada setiap masa
perkembangan terdapat ciri-ciri perkembangan yang berbeda antara ciri-ciri yang
ada pada suatu masa perkembangan dengan ciri-ciri yang ada pada masa
perkembangan yang lain.Ada aspek-aspek tertentu yang tidak berkembang dan tidak
meningkat lagi yang hal ini disebut fiksasi.Aspek
intelek pada anak-anak tertentu yang memang secara konstitusional terbatas, pada suatu saat akan
relatif berhenti, tidak bisa atau sulit berkembang dan dikembangkan.Contoh
penahapan dalam perkembangan manusia antara lain :masa pra-lahir, masa jabang
bayi(0-2 minggu),masa bayi(2 minggu-1 tahun),masa anak pra sekolah(1-5
tahun),masa sekolah(6-12 tahun),masa remaja(13-21 tahun),masa dewasa(21-65
tahun),dan masa tua(65 tahun ke atas).
5. Hukum
Tempo Dan Ritme Perkembangan
Tahapan perkembangan berlangsung
secara beruruta, terus-menerus dan dalam tempo perkembangan yang relatif tetap
serta bisa berlaku umum.
0 komentar:
Posting Komentar