Pages

Selasa, 11 Juli 2017

10 Jenis Tugas Perkembangan Remaja

Perkembangan merupakan suatu proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosial psikologi manusia pada posisi yang harmonis dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas dan kompleks. Menurut Havighurst setiap individu pasti menempuh tugas perkembangan.
Seperti contoh pada jenjang kehidupan remaja adalah posisi yang cukup kompleks dimana dia telah menyelesaikan tugas-tugas perkembangan seperti mengatasi sifat tergantung pada orang lain, memahami norma pergaulan dengan sebaya, menghadapi masalah-masalah, bertindak dan bertanggungjawab sendiri,dan lain-lain. Secara sadar ada upaya untuk berperilaku dewasa sehingga tidak dijuluki sebagai anak-anak. Oleh karena itu tugas perkembangan pada masa remaja ini dipusatkan pada upaya untuk menanggulangi sikap dan pola perilaku kekanak-kanakan. Tugas-tugas perkembangan tersebut oleh Havighurst dikaitkan dengan fungsi belajar karena pada hakikatnya perkembangan kehidupan manusia dipandang sebagai upaya mempelajari norma kehidupan dan budaya masyarakat agar mampu menyesuaikan diri.
 10 jenis tugas perkembangan remaja yaitu :
1.      Mencapai hubungan dengan teman lawan jenisnya secara lebih memuaskan dan matang.
2.      Mencapai perasaan seks dewasa yang diterima secara sosial.
3.      Menerima keadaan badannya dan menggunakannya secara efektif
4.      Mencapai kebebasan emosional dari orang dewasa
5.      Mencapai kebebasan ekonomi
6.      Memilih dan menyiapkan suatu pekerjaan
7.      Menyiapkan perkawinan dan kehidupan berkeluarga
8.      Mengembangkan ketrampilan dan konsep intelektual yang perlu bagi WN yang kompeten
9.      Menginginkan dan mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial
10.  Menggapai suatu perangkat nilai yang digunakan sebagai pedoman tingkah laku.
A.    HUKUM-HUKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
1.      Hukum Cephalocoudal
Berlaku pada pertumbuhan fisik yang menyatakan bahwa pertumbuhan fisik dimulai dari kepala ke arah kaki.Bagian-bagian pada kepala tumbuh lebih dahulu daripada bagian-bagian lain.
2.      Hukum Proximodistal
Berlaku pada pertumbuhan fisik yang menyatakan bahwa pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu dan mengarah ke tepi. Jantung, hati, dan alat-alat pencernaan lebih dahulu berfungsi daripada anggota tubuh yang ada di tepi.Hal ini karena alat-alat tubuh pada bagian pusat lebih vital daripada bagian tangan atau kaki.
3.      Perkembangan Terjadi Dari Umum Ke Khusus
·         Anak lebih dahulu mampu bertepuk tangan daripada menggerakan jari-jari tangannya
·         Anak mengenal binatang mendahului kemampuannya untuk membedakan mana yang tergolong anjing, kucing, ayam.
·         Anak menagis bila mengalami hal-hal yang tidak enak sedikit demi sedikit akan membedakan rangsangan tertentu dengan reaksi yang berlainan.
4.      Perkembangan Berlangsung Dalam Tahapan-Tahapan Perkembangan
Pada setiap masa perkembangan terdapat ciri-ciri perkembangan yang berbeda antara ciri-ciri yang ada pada suatu masa perkembangan dengan ciri-ciri yang ada pada masa perkembangan yang lain.Ada aspek-aspek tertentu yang tidak berkembang dan tidak meningkat lagi yang hal ini disebut fiksasi.Aspek intelek pada anak-anak tertentu yang memang secara  konstitusional terbatas, pada suatu saat akan relatif berhenti, tidak bisa atau sulit berkembang dan dikembangkan.Contoh penahapan dalam perkembangan manusia antara lain :masa pra-lahir, masa jabang bayi(0-2 minggu),masa bayi(2 minggu-1 tahun),masa anak pra sekolah(1-5 tahun),masa sekolah(6-12 tahun),masa remaja(13-21 tahun),masa dewasa(21-65 tahun),dan masa tua(65 tahun ke atas).
5.      Hukum Tempo Dan Ritme Perkembangan
Tahapan perkembangan berlangsung secara beruruta, terus-menerus dan dalam tempo perkembangan yang relatif tetap serta bisa berlaku umum.

0 komentar:

Posting Komentar