Pages

Jumat, 07 Juli 2017

Pendidikan Orang Dewasa


Pendidikan orang dewasa dimaksudkan dengan usaha penyelenggaraan pendidikan bagi orang dewasa. Di dalam pendidikan orang dewasa, banyak program pendidikan orang dewasa, banyak program pendidikan berdasarkan jenis kegiatan yang tidak mengandalkan pokok bahasan tradisional. Ada suatu prinsip yang dapat digunakan dalam pemilihan jenis pokok bahasan, materi, dan kegiatan pengajaran (Morgan, 1976) yaitu: 
a.       Apakah materi tersebut menarik perhatian para peserta didik?
b.       Apakah materi tersebut dapat dimengerti oleh para peserta didik?
c.       Apakah materi tersebut bermanfaat bagi para peserta didik?
d.      Apakah materi tersebut dapat membantu para peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan?
e.       Apakah materi tersebut sesuai dengan subjek yang telah ditetapkan?
Pengetahuan yang banyak jumlahnya tidak mungkin diajarkan semuanya. Sebaliknya rumus yang rumit, daftar nama, tabel yang banyak, dan data yang jarang digunakan biasanya dapat ditemukan pada buku pedoman, ensiklopedia,kamus, tidak perlu diingat secara permanen (Megawati, A. 2013). Peserta didik cukup mempelajari dimana memperoleh dan menggunakannya. Oleh karena itu seleksi menjadi penting. Hanya pengetahuan yang relevan untuk mencapai tujuan khusus program pendidikan yang sedang dijalankan itulah yang dipilih. Ingatan permanen dapat diperoleh dengan cara seagai berikut:
a.       Kembangkan rasa tertarik yang kuat dan bertahan lama terhadap suatu subjek secara keseluruhan
b.      Dapatkan pengertin sejelas mungkin dari setiap bagian subjek tersebut
c.       Tempatkan proses belajar sejalan dengan pola pikir
d.      Pertahankan pengetahuan yang telah dipelajari dengan sekali-kali menanyakan dan menerapkannya dalam situasi baru
e.       Berikan ilustrasi visual

Selain mengingat, masih ada kemampuan lain yakni kemampuan menggunakan dan menemukan. Oleh karena itu pendidik atau pemimbing perlu mengetahui tingkat kemampuan yang dibutuhkan oleh peserta didik.

0 komentar:

Posting Komentar