Dunia pada abad 21 ini
akan terus dihadapkan pada kecanggihan teknologi. Cepatnya perkembangan ilmu
dan teknologi mendorong semakin berkembangnya gagasan hidup manusia yang
sempurna. Akhirnya, percepatan penemuan dan terapannya memacu
perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial.Perkembangan teknologi bidang
informasi, berdampak luas pada semua lini kehidupan, termasuk pada dunia
pendidikan. Dengan adanya penemuan –penemuan teknologi baru dalam bidang
informasi sangat menopang dalam memajukan kualitas kehidupan.
Dalam rangka reformasi pendidikan, sarana ini mulai banyak digunakan untuk mempercepat perkembangan di sektor pendidikan.Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.Pembelajaran yang dibantu komputer dikenal dengan nama CAI yaitu “Computer Assited Instruction” . Prinsip pembelajaran ini menggunakan komputer sebagai alat bantu menyampaikan pelajaran kepada user secara interaktif. Perubahan metode pembelajaran dan pengajaran telah menyebabkan alat yang digunakan menjadi meluas, misalnya: video, audio, slide dan film.CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
Dalam rangka reformasi pendidikan, sarana ini mulai banyak digunakan untuk mempercepat perkembangan di sektor pendidikan.Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.Pembelajaran yang dibantu komputer dikenal dengan nama CAI yaitu “Computer Assited Instruction” . Prinsip pembelajaran ini menggunakan komputer sebagai alat bantu menyampaikan pelajaran kepada user secara interaktif. Perubahan metode pembelajaran dan pengajaran telah menyebabkan alat yang digunakan menjadi meluas, misalnya: video, audio, slide dan film.CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
Keistimewaan pemakaian
komputer dalam proses pembelajaran (Muhamad Ikhsan, 2006) :
1. Komputer
bisa mengajar secara individual (individualisasi dalam proses pembelajaran)
kecepatan bisa sesuaikan dengan kemampuan siswa, metode/strategi belajar yang
lebih tepat, penyesuaian isi materi dan tingkat kesukaran.
2. Bisa
digunakan kapan saja dan bisa digunakan dimana saja .
3. Hilangkan
rasa malu takut.
Media internet mulai
dirasakan sebagai kebutuhan vital bagi dunia pendidikan terutama dunia
pendidikan yang bergerak pada tataran ilmu pengetahuan sebagai upaya mencerdaskan
bangsa, maka pemanfaatan internet sangat dibutuhkan.
Beragam Manfaat
Internet sebagai media pendidikan di sekolah
Terutama bagi para guru
sebagai ujung tombak dunia pendidikan, peran internet dapat dimanfaatkan sebagai
pengembangan profesi, misalnya untuk mencari sumber bahan mengajar, baik
rencana belajar mengajar maupun metodologi baru selain agar pelajaran tidak
terlalu membosankan dengan hanya terpaku pada buku diktat yang digunakan.Selain
untuk meningkatkan pengetahuan dengan internet, guru juga dapat berbagi ilmu
dan pengalaman dengan rekan sejawat melalui forum (mailing list) dan sebagainya.
Bagi siswa, internet
menawarkan kesempatan untuk belajar sendiri secara interaktif, baik untuk
meningkatkan pengetahuan maupun untuk mengembangkan kemampuan di bidang
penelitian. Internet pun dapat menjadi media untuk berkomunikasi dengan sesama
siswa dengan minat yang sama, selain membantu meningkatkan kepekaan dan membuka
wawasan seputar permasalahan yang ada di seluruh dunia.
Sedangkan bagi petugas
administrasi sekolah, internet dapat memudahkan pengoleksian data-data yang
ada, baik untuk sekedar disimpan sebagai arsip maupun yang untuk dikirim ke
perorangan maupun ke masyarakat luas.
Media mengajar dengan
menggunakan internet dapat memberikan pengalaman yang integral, dari yang
kongkret sampai pada yang abstrak. Internet dapat dijadikan sebagai alat
pembantu dalam mengajar agar efektif, dalam garis besarnya memiliki faedah atau
nilai sebagai berikut: menambah kegiatan belajar murid; menghemat waktu belajar;
menyebabkan agar hasil belajar lebih permanen atau mantap; membantu anak-anak
yang ketinggalan dalam pelajaran; memberikan alasan yang wajar untuk belajar
karena membangkitkan motivasi dan aktivitas pada murid; serta memberikan
pemahaman yang tepat dan jelas serta luas.
Internet sebagai media
pelajaran, fungsinya secara luas dapat merangsang kegiatan dalam berbagai jenis
dan meningkatkan kemampuan serta penempatan diri secara serasi dalam meninjau
dan mengamati dengan tepat; meningkatkan minat membaca; mempermudah berbicara dan
berdiskusi.Dengan media internet sebagai media belajar dapat dilakukan peniruan
sebagai dasar untuk motivasi belajar dalam memecahkan masalah, melaksanakan
tugas; menyatakan dan menilai menurut selera; mendapat kesenangan pada gambar .
Dengan internet sebagai
media dapat menunjukkan tindakan, atau seperangkat peristiwa yang terbentang.
Dengan iternet jelas sekali membantu siswa memahami dan menyimpan bacaan.
Hasil-hasil penelitian telah menunjukkan keefektifan gambar sebagai alat
pengkodean pesan (Bransford & Johnson, 1972; Paivio,1971).
Kelebihan internet
sebagai media pembelajaran, yaitu:
1. Internet memberikan
sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan
informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
3. Akses informasi
melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada
halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu,
maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
4. Internet juga
menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas e-learning yang
diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan
intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb.
5. Kita dapat
berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika
kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
6. Dibandingkan dengan
membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh
lebih murah.
6 komentar:
Artikelnya bagus pit,tapi tetep perlu diinget kita juga harus selektif dalam menyaring informasi yang kita dapat dari internet.
Kelebihan internet sebagai media pembelajaran memang sudah tidak diragukan lagi. Lalu adakah kekurangan yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet sebagai media pembelajaran? Terimakasih.
bener banget kita memang harus selektif dalam memilah dan memilih info mana yang berguna dan bermanfaat untuk kita dari media internet,,,
terimakasih sudah berkunjung,, baca info lainnya ya. semoga bermanfaat
sedikit banyak kekurangan dari media informasi internet sendiri. jika dilihat dari sisi penggunanya akan lupa waktu dan juga akan menimbulkan efek ketergantungan. menurut saya seperti itu,,,
terima kasih telah berkunjung di blog ini,,
bagaimana tindakan kita dalam menyikapi perubahan zaman khususnya bidang teknologi, internet agar bisa memanfaat kemajuan tersebut untuk hal baik?makasih
kembali lagi kepada kontrol diri kita dalam menyaring dan mengunduh informasi-informasi yang berasal dari internet,
terima kasih telah berkunjung di blog ini,
Posting Komentar