Pages

Jumat, 08 Januari 2016

Nilai-Nilai Edukatif Komputer & Internet sebagai Media Pendidikan



Dunia pada abad 21 ini akan terus dihadapkan pada kecanggihan teknologi. Cepatnya perkembangan ilmu dan teknologi mendorong semakin berkembangnya gagasan hidup manusia yang sempurna. Akhirnya, percepatan penemuan dan terapannya memacu perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial.Perkembangan teknologi bidang informasi, berdampak luas pada semua lini kehidupan, termasuk pada dunia pendidikan. Dengan adanya penemuan –penemuan teknologi baru dalam bidang informasi sangat menopang dalam memajukan kualitas kehidupan.
Dalam rangka reformasi pendidikan, sarana ini mulai banyak digunakan untuk mempercepat perkembangan di sektor pendidikan.Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.Pembelajaran yang dibantu komputer dikenal dengan nama CAI yaitu “Computer Assited Instruction” . Prinsip pembelajaran ini menggunakan komputer sebagai alat bantu menyampaikan pelajaran kepada user secara interaktif. Perubahan metode pembelajaran dan pengajaran telah menyebabkan alat yang digunakan menjadi meluas, misalnya: video, audio, slide dan film.CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
Keistimewaan pemakaian komputer dalam proses pembelajaran (Muhamad Ikhsan, 2006) :
1.      Komputer bisa mengajar secara individual (individualisasi dalam proses pembelajaran) kecepatan bisa sesuaikan dengan kemampuan siswa, metode/strategi belajar yang lebih tepat, penyesuaian isi materi dan tingkat kesukaran.
2.      Bisa digunakan kapan saja dan bisa digunakan dimana saja .
3.      Hilangkan rasa malu takut.
Media internet mulai dirasakan sebagai kebutuhan vital bagi dunia pendidikan terutama dunia pendidikan yang bergerak pada tataran ilmu pengetahuan sebagai upaya mencerdaskan bangsa, maka pemanfaatan internet sangat dibutuhkan.
Beragam Manfaat Internet sebagai media pendidikan di sekolah
Terutama bagi para guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan, peran internet dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan profesi, misalnya untuk mencari sumber bahan mengajar, baik rencana belajar mengajar maupun metodologi baru selain agar pelajaran tidak terlalu membosankan dengan hanya terpaku pada buku diktat yang digunakan.Selain untuk meningkatkan pengetahuan dengan internet, guru juga dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan rekan sejawat melalui forum (mailing list) dan sebagainya.
Bagi siswa, internet menawarkan kesempatan untuk belajar sendiri secara interaktif, baik untuk meningkatkan pengetahuan maupun untuk mengembangkan kemampuan di bidang penelitian. Internet pun dapat menjadi media untuk berkomunikasi dengan sesama siswa dengan minat yang sama, selain membantu meningkatkan kepekaan dan membuka wawasan seputar permasalahan yang ada di seluruh dunia.
Sedangkan bagi petugas administrasi sekolah, internet dapat memudahkan pengoleksian data-data yang ada, baik untuk sekedar disimpan sebagai arsip maupun yang untuk dikirim ke perorangan maupun ke masyarakat luas.
Media mengajar dengan menggunakan internet dapat memberikan pengalaman yang integral, dari yang kongkret sampai pada yang abstrak. Internet dapat dijadikan sebagai alat pembantu dalam mengajar agar efektif, dalam garis besarnya memiliki faedah atau nilai sebagai berikut: menambah kegiatan belajar murid; menghemat waktu belajar; menyebabkan agar hasil belajar lebih permanen atau mantap; membantu anak-anak yang ketinggalan dalam pelajaran; memberikan alasan yang wajar untuk belajar karena membangkitkan motivasi dan aktivitas pada murid; serta memberikan pemahaman yang tepat dan jelas serta luas.
Internet sebagai media pelajaran, fungsinya secara luas dapat merangsang kegiatan dalam berbagai jenis dan meningkatkan kemampuan serta penempatan diri secara serasi dalam meninjau dan mengamati dengan tepat; meningkatkan minat membaca; mempermudah berbicara dan berdiskusi.Dengan media internet sebagai media belajar dapat dilakukan peniruan sebagai dasar untuk motivasi belajar dalam memecahkan masalah, melaksanakan tugas; menyatakan dan menilai menurut selera; mendapat kesenangan pada gambar .
Dengan internet sebagai media dapat menunjukkan tindakan, atau seperangkat peristiwa yang terbentang. Dengan iternet jelas sekali membantu siswa memahami dan menyimpan bacaan. Hasil-hasil penelitian telah menunjukkan keefektifan gambar sebagai alat pengkodean pesan (Bransford & Johnson, 1972; Paivio,1971).
Kelebihan internet sebagai media pembelajaran, yaitu:
1. Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
3. Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
4. Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas e-learning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb.
5. Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
6. Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah.

6 komentar:

Nimas Susetyowati mengatakan...

Artikelnya bagus pit,tapi tetep perlu diinget kita juga harus selektif dalam menyaring informasi yang kita dapat dari internet.

Esti Tri Lestari mengatakan...

Kelebihan internet sebagai media pembelajaran memang sudah tidak diragukan lagi. Lalu adakah kekurangan yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet sebagai media pembelajaran? Terimakasih.

Unknown mengatakan...

bener banget kita memang harus selektif dalam memilah dan memilih info mana yang berguna dan bermanfaat untuk kita dari media internet,,,
terimakasih sudah berkunjung,, baca info lainnya ya. semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

sedikit banyak kekurangan dari media informasi internet sendiri. jika dilihat dari sisi penggunanya akan lupa waktu dan juga akan menimbulkan efek ketergantungan. menurut saya seperti itu,,,
terima kasih telah berkunjung di blog ini,,

Ida Forentina's Blog mengatakan...

bagaimana tindakan kita dalam menyikapi perubahan zaman khususnya bidang teknologi, internet agar bisa memanfaat kemajuan tersebut untuk hal baik?makasih

Unknown mengatakan...

kembali lagi kepada kontrol diri kita dalam menyaring dan mengunduh informasi-informasi yang berasal dari internet,
terima kasih telah berkunjung di blog ini,

Posting Komentar